Pages

Senin, 31 Mei 2010

SEKILAS TENTANG BOJONEGORO

BOJONEGORO adalah kota kecil yang terletak di provinsi Jawa Timur sebelah barat. selain itu, Bojonegoro adalah pusat karesidenan yang meliputi 5 (lima)kabupaten, yaitu Kabupaten Bojonegoro, kabupaten Lamongan, Kabupaten Tuban, Kabupaten Jombang dan Kabupaten Mojokerto.

Kabupaten ini dipimpin oleh seorang bupati yang bernama Suyoto, yang biasa di panggil Kang Yoto oleh masyarakat. dan wakilnya bernama Setyo Hartono.

dulu Kabupaten ini terkenal dengan kayu jatinya, tapi seiring dengan ketamakan manusia yang semakain menjadi-jadi akhirnya kayu jatinya hampir habis. sekarang kota ini terkenal dengan kota banjir karena wilayah kota Bojonegoro sendiri sangat berdekatan dengan bengawan solo. bahkan pada akhir tahun 2007 kota Bojonegoro pernah lumpuh akibat banjir yang menggenangi wilayah kota selama kurang lebih satu minggu.

makanan/jajanan khas Bojonegoro adalah ledre dan Serabi. Ledre adalah sejenis makanan ringan yang terbuat dari tepung dan pisang yang kemudian dibentuk menjadi mirip gapit (makanan ringan yang berbentuk silinder tanpa tutup yang berlapis-lapis yang rasanya manis). sedangkan untuk kue serabi, terbuat dari tepung beras kemudian dijadikan adonan yang kemudian dibakar di wajan yang terbuat dari tanah liat, yang kemudian dibakar diatas tungku, makanan ini biasanya disajikan dengan santan dan atau kelapa parut, ada juga yang menyajikannya dengan berbagai variasi.

untuk wisata, Kabupaten ini hanya memiliki segelintir wisata antara lain: wana wisata dan padang golf dander, waduk pacal, wisata kedungmaor, kayangan api, wisata hutan klino. di wisata hutan klino ini ada sebuah bumi perkemahan yang namanya desa atas atap. di Desa ini ada semacam outbound yang biasanya digunakan saat perkemahan. dan kita bisa mendaki puncak gunung ini untuk menyaksikan warna-warni kota Bojonegoro pada malam hari.

selain itu, Bojonegoro juga telah mempunyai tim sepak bola yang bernama PERSIBO. tim ini telah menjuarai Divisi Utama pada tanggal 29 mei 2010 lalu. dan otomatis tim ini telah masuk kedalam ISL atau liga super. sedangkan pendukung tim ini menamakan diri sebagai BOROMANIA (Bojonegoro Mania). tim berwarna oren ini sukses melambungkan kabupaten Bojonegoro. tim ini mampu mengalahkan beberapa tim-tim besar di Indonesia seperti Persebaya, pelita jaya, persik kediri. ini semua dilakukan untuk menunjukkan bahwa di Indonesia ada sebuah kabupaten yang mulai berkembang bernama Bojonegoro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar