Pages

Sabtu, 05 Juni 2010

MACAM-MACAM PENCEMARAN LINGKUNGAN

Pencemaran air
Pencemaran air yaitu peristiwa masuknya zat, energi, unsur-unsur ataukomponen lain ke dalam air yang mengakibatkan penurunan kualitas air. Pencemaran ini meliputi pencemaran darat (sungai dan danau) serta perairan laut. Sumber pencemaran ini dapat berupa limbah industri, limbah runah tangga, limbah pertanian dan limbah penambangan. Ini adalah beberapa parameter kimia kualitas air meliputi BOD, COD dan pH.
1. BOD (Biochemichal Oxygen Demand)
BOD adalah jumlah oksigen terlarut yang diperlukan oleh mikroorganisme dalam air untuk menguraikan bahan organik.
2. COD (Chemical Oxygen Demmand)
COD merupakan jumlah oksigen yang diperlukan agar limbah dalammair dapat teroksidasi melaluireksi kimia.
3. DO (Dissolved Oxygen)
DO adalah kadar oksigen terlarut dalam air. Semakin kesil nilao DO perairan, maka tingkat pencemaran air semakin tinggi.
4. pH
adalah ukuran keasaman suatu perairan. Air bersih mempunyai pH antara 6.5 – 7.5.

Pencemaran Udara
Pencemaran udara yaitu peristiwa bercampurnya reaksi antara senyawa-senyawa primer selama di udara. Polutan udara utama adalah sebagai berikut:
1. Karbon Monoksida (CO) dan Karbon Dioksida (CO2)
Sumber gas-gas ini antara lain: kendaraan bebrbahan bakar bensin atau solar, pembakaran sampah atau sisa hasil pertanian atau perkebunan dan industri baja dan besi.
2. Hidrokarbon (CxHy)
Sumber utama penghasil hidrokarbon adalah sisa pembakaran kendaraan bermotor. Hidrokarbon menyebabkan iritasi mata dan dapat juga menyebabkan keracunan.
3. Oksida Nitrogen (NOx) dan Oksida Sulfur (SOx)
Oksida nitrogen secara alami berasal dari aktivitas bakteri. Selain itu, juga berasal dari asap pabrik. Gas ini dapat menimbulkan penyakit pada pernapasan.
4. CFC (Freon)
Freon sering digunakan dalam alat pendingin (AC dan kulkas) dan alat kosmetik yang dilengkapi dengan sprayer. Freon dapat menimbulkan lubang di atmosfer dan menimbulkan beberapa penyakit bagi manusia.
5. Partikel
Partikel merupakan polutan berbentuk padat dan berukuran kecil. Artikel yang terdapat di udara dapat berdampak negatif bagi kehidupan.

Pencemaran tanah
Pencemaran tanah dapat terjadi akibat penggunaan pestisida dan insektisida yang berlebihan dan pembuangan sampah yang berlebihan.

Pencemaran suara
Suara dengan kebisingan tertentu dapat mencemari lingkungan. Suara tersebut menyebabkan terjadinya gangguan fisiologis dan psikologis seseorang. Tingkat kebisingan yang melebihi 70 dB dalam waktu lama dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar